9 Alasan untuk Memiliki Logam Mulia (2)

5. Ketidakpastian Geopolitik

Logam Mulia mempertahankan nilai tidak hanya saat ketidakpastian ekonomi, tetapi juga saat terjadi ketidakpastian geopolitik. Hal ini sering disebut “krisis komoditas”, karena orang-orang melarikan diri ke tempat yang relatif aman ketika ketegangan dunia meningkat, pada saat itu harga logam mulia sering melebihi investasi lain. Sebagai contohnya harga emas mengalami pergerakan besar menanggapi krisis yang terjadi di Uni Eropa. Harga emas dapat dipastikan akan naik ketika kepercayaan terhadap pemerintah rendah.

6. Hambatan Suplai

Sebagian besar pasokan logam mulia di pasaran sejak tahun 1990 berasal dari penjualan emas batangan yang berasal dari brankas bank sentral global. Penjualan emas oleh bank sentral menjadi sangat lambat pada tahun 2008. Pada saat yang sama, produksi emas baru dari pertambangan telah menurun sejak tahun 2000. Menurut BullionVault.com, output tambang emas setiap tahun menurun dari 2.573 metrik ton pada tahun 2000 menjadi 2.444 metrik ton pada tahun 2007 (namun, menurut Goldsheetlinks.com, produksi emas terlihat rebound dengan output hampir 2.700 metrik ton pada tahun 2011). Untuk memproduksi emas dari pertambangan baru membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 tahun. Lamanya waktu untuk memproduksi emas dapat menimbulkan kelangkaan, sesuai hukum pasar, berkurangnya pasokan emas akan membuat harga emas naik.

7. Peningkatan Permintaan

Pada tahun-tahun terakhir, peningkatan kekayaan dari perekonomian yang terus berkembang memicu permintaan terhadap logam mulia. Di banyak negara, emas memiliki kaitan dengan budaya. India merupakan salah satu konsumen terbesar emas di dunia, di sana emas memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai perhiasan. Secara tradisional, bulan Oktober merupakan musim pernikahan di India. Oleh sebab itu pada bulan tersebut harga emas cenderung naik (meskipun telah jatuh pada tahun 2012). Sedangkan di Cina, emas batangan adalah bentuk tradisional dari tabungan mereka, permintaan akan emas di sana tetap kuat. Permintaan akan logam mulia juga telah berkembang di kalangan investor. Banyak yang mulai melihat komoditas logam mulia sebagai alat investasi dimana dana harus dialokasikan.

8. Diversifikasi Portofolio

Kunci dari diversifikasi adalah mencari investasi yang tidak berhubungan erat satu sama lain, logam mulia secara histori memiliki korelasi negatif terhadap saham dan instrumen keuangan lainnya. Sejarah terkini membuktikan bahwa:

  • Tahun 1970an sangat baik bagi emas, namun mengerikan bagi saham.
  • Tahun 1980an dan 1990an merupakan hal yang indah bagi saham, namun mengerikan bagi emas.
  • Tahun 2008 terlihat bahwa saham turun secara substansial karena konsumen bermigrasi ke emas.

Investor yang baik akan berusaha mendiversifikasi dengan mengkombinasikan logam mulia dengan saham dan obligasi ke dalam portofolionya untuk mengurangi volatilitas dan resiko secara keseluruhan.

9. The Bottom Line (Intinya)

Logam mulia harus menjadi bagian penting dari portofolio investasi yang terdiversifikasi karena harganya meningkat dalam menanggapi peristiwa yang menyebabkan nilai investasi kertas – seperti saham dan obligasi – menjadi turun. Meskipun harga emas bisa stabil dalam jangka pendek, namun emas selalu mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Selama bertahun-tahun, emas telah berfungsi sebagai pelindung nilai terhadap inflasi dan erosi mata uang utama, dan demikian merupakan investasi yang layak untuk dipertimbangkan.

9 Alasan untuk Memiliki Logam Mulia (1)

Previous 9 Alasan untuk Memiliki Logam Mulia (1)
Next Emas bertahan di atas $ 1400, terbantu pelemahan data AS

About author

You might also like

Kolom Adzan 2 Comments

Bermain cashflow 101 game

Jatahnya nulis santai… jadi ceritanya kemarin berkali2 tanding game cashflow sama tim Plasaemas . Hampir setiap minggu ketika mengadakan pertandingan Cashflow101. Bagi yang belum pernah, Cashflow101 adalah game simulasi keuangan,

Kolom Adzan 0 Comments

10 Fakta Unik Tentang Emas di Dunia

Istilah emas adalah dari bahasa Proto Indo Eropa yaitu ” ghel/ ghol ” berarti kuning, hijau,atau terang.Emas telah ditemukan di setiap benua di permukaan bumi ini.Emas meleleh pada 1064,43 °

Kolom Adzan 0 Comments

Apa Investasi Emas Menguntungkan?

        Investasi Emas Logam Mulia tidak menghasilkan pendapatan, tapi membuat semuanya menjadi lebih murah di masa depan? Apa guna dari investasinya? Banyak orang usia di bawah 50

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply