Bermain cashflow 101 game

Jatahnya nulis santai…

jadi ceritanya kemarin berkali2 tanding game cashflow sama tim Plasaemas . Hampir setiap minggu ketika mengadakan pertandingan Cashflow101.

Bagi yang belum pernah, Cashflow101 adalah game simulasi keuangan, untuk mencapai Financial Freedom. Pada lingkaran kecil, kita berkutat dalam kehidupan sehari2. Gajian (pay check), mendapat opportunity (small/big deal), kena apes (bayar ini itu), hingga bertemu pasar atau the market.

Tujuannya adalah mengumpulkan pasif income yang banyak, hingga melebihi expense atau pengeluaran bulanan kita. Maka kita bisa lompat ke lingkaran besar alias fast track.

Game ini sangat bagus, namun sebagai pelaku bisnis, penulis melihat ada beberapa hal yang mungkin kurang dijelaskan dengan baik oleh mbah Kiyosaki sang pencipta game.

Pertama, game ini cocoknya untuk pegawai yang sedang berusaha memiliki bisnis. Atau kalau meminjam istilah komunitas tangandiatas, cocok untuk yang amphibi. Karena peranan yang kita mainkan, semua nya profesi dengan gaji. Hanya ada dokter, yg tergolong self-employed.

Terus apa pengaruhnya? ya karena profesi nya sekretaris, janitor, dll, akhirnya dana sisa tabungan “hanya” dibelikan untuk rumah, saham, emas (tapi kok ga ada yg jual emas antam kyk Plasaemas ya hehe), dan juga untuk membeli bisnis. Tidak ada opsi membangun bisnis, atau mengembangkan bisnis. Misalkan peranan awal sebagai pelaku UKM. Tapi mungkin karena itulah game ini mendunia, ya karena lebih banyak yg berstatus karyawan.

Kedua, game ini harusnya lebih menjelaskan tentang makna pasif income. karena banyak sekali masyarakat yang tersesat dengan istilah pasif income ini. Pemahaman sesat itu adalah ketika menyamakan pasif income dgn pendapatan “gratis”. Kita bisa jalan2, uang mengalir sendiri ke rekening…

Padahal penulis yakin sekali, bahwa yg dimaksud pasif income oleh mbah Kiyosaki bukanlah yg seperti itu. pasif income adalah lawan aktif income. aktif income adalah ketika kita mendapat income hanya ketika kita aktif, kalau tidak aktif ya tidak dapat income. Misalkan pendapatan pegawai, karyawan, dokter, pengacara.

Nah, pasif income itu ya hasil dari investasi, misalkan dividen saham, profit sharing bisnis, dll. Tapi bukan berarti kita bisa jalan2, melainkan kita harus tetap produktif. Misalkan meningkatkan kinerja perusahaan, supaya pasif income bertambah besar. me-leverage portofolio investasi. Bahkan jika tidak ada kerjaan sekalipun, ya duduk aja standby di toko/kantor/bisnis kita. Misalkan kita punya toko furniture, walau karyawan sudah banyak, ya bagusnya kita tetap ada di toko tsb untuk membantu karyawan yg ada. Walau sebenarnya bisa menjadi pasif income.

Tapi overall, game ini sangatlah bagus dan penulis rekomendasikan. Menumbuhkan keberanian, dan mimpi.. seolah2 mudah untuk mencapai target dan tujuan. membangun motivasi untuk berkarya. So, ada yg minat untuk tanding bersama penulis? yuk kalau ada 4 orang minat, kita main bersama. mention aja twitter @adzan_ ya..

Salam,
@adzan_
adzan101.blogspot.com
plasaemas.com

Previous Emas Batangan vs Emas Dinar
Next Determinasi

About author

You might also like

Kolom Adzan 16 Comments

Emas Batangan vs Emas Dinar

Langsung aja ya.. Maaf, tidak bermaksud menyinggung pihak-pihak manapun.. dengan segala kerendahan hati, ini hanyalah pendapat subyektif dari investor kecil macam saya, berdasarkan pengamatan lapangan 🙂 dulu pernah sharing di

Kolom Adzan 0 Comments

10 Fakta Unik Tentang Emas di Dunia

Istilah emas adalah dari bahasa Proto Indo Eropa yaitu ” ghel/ ghol ” berarti kuning, hijau,atau terang.Emas telah ditemukan di setiap benua di permukaan bumi ini.Emas meleleh pada 1064,43 °

Kolom Adzan 0 Comments

9 Alasan untuk Memiliki Logam Mulia (1)

Logam Mulia sangat dihargai di seluruh dunia akan nilai dan kekayaan sejarahnya, yang telah terjalin dalam budaya manusia selama ribuan tahun. Koin yang mengandung emas muncul sekitar 800 SM, dan

2 Comments

  1. John
    December 15, 11:02 Reply

    Beli nya dimana ya Cashflow 101 Board games nya di indonesia?

Leave a Reply