Cara Aman berinvestasi Logam Mulia

Sejak dulu kala, emas selalu membuktikan diri sebagai God Currency, investasi anti inflasi. Sudah seharusnya, kita menyimpan dan proteksi asset kita dengan emas. Emas fine gold alias logam mulia (di Indonesia dikenal dengan sertifkat antam) adalah pilihan utama.

Emas fisik vs non-fisik

Menurut hemat kami, investasi emas adalah investasi konservatif. Sebaiknya berinvestasi dengan emas atau logam mulia yang fisiknya nyata. Bukan dengan bermain komoditas emas. Sudah banyak bukti orang yang merugi atau bahkan bangkrut dengan system ini. Bahkan marak modus penipuan belakangan ini.

Emas Fisik

Sampai disini, berarti kita sama-sama menyepakati untuk berinvestasi dengan emas fisik. Yang jadi masalah adalah metoda pembeliannya, terkait unsur keamanan.. karena nominal emas tidaklah kecil. Menurut hemat kami, di jaman modern ini, sudah tidak relevan membeli logam mulia di toko-toko atau outlet penjualan emas biasa. Karena mudah sekali bagi pelaku kejahatan untuk menunggu pembeli-pembeli emas tersebut di luar toko/outlet konvensional. Lalu solusinya apa?

Delivery Emas

Yes, di era modern seperti sekarang, kita tidak perlu repot lagi membeli emas di toko/outlet konvensional. Kita tidak :

  • Bermacet ria
  • Buang waktu
  • Buang tenaga
  • Mempertaruhkan keamanan
  • Atau bahkan mempertaruhkan nyawa?

Sudah banyak sekali toko-toko emas online yang menawarkan jasa delivery. Terkadang ada yang selisih Rp 100.000 – Rp 200.000 dari harga di toko konvensional (bahkan ada yang lebih murah dibanding toko konvensional). Tentu nominal Rp 100.000 tidaklah seberapa dibanding nominal emas yang kita beli. Dan lebih dari itu, tak sebanding dengan rasa aman dan was-was dari orang-orang yang mengikuti kita di toko/outlet emas konvensional… Rasa aman sungguh tidak ternilai…

Sampai titik ini, seharusnya kita sudah bersepakat bahwa cara paling aman, mudah, tidak repot  bertransaksi logam mulia adalah via delivery.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara membedakan toko online yang jujur dengan yang penipuan? Yang tepat waktu dan reliable? Yang fast response, ramah dan komunikatif?

Toko Emas Online

Cara mudah mengenali Toko Logam Mulia Online yang jujur

1. Cek website nya.

Toko Logam Mulia tersebut biasanya berdomain .com atau .co.id. Hindari atau cermati lebih dalam jika domainnya blogspot atau wordpress. Cek update harian, testimoni.

2. Cek facebook nya

Cek jumlah like di page-nya, cek update harian (apakah di update secara serius setiap hari bahkan jam), cek interaksi dengan likers nya, cek juga testimoni nya, cek akun-akun yang me-like (semakin banyak teman kita yang me-like, semakin aman)

Contohnya https://www.facebook.com/Plasaemas ,  yang like sudah diatas 1000, dan yang me-like adalah akun-akun real.

3. Cek Twitter nya

Cek jumlah followernya, cek apakah follower nya adalah akun-akun real atau pseudonym. Contohnya https://twitter.com/plasaemas , follower sudah 2000 orang. Aman.

4. Cek kaskus

Jika toko online tersebut ada lapak kaskus, bisa di cek. Karena testimoni di kaskus juga bisa diandalkan. ini contoh lapak kaskus dan testimoni nya http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009563681/-

5. Cek Google

Misalkan PlasaEmas, bisa Googling “PlasaEmas”, atau “PlasaEmas buruk”, atau “PlasaEmas penipu”. Jika tidak ada, maka relatif aman dan baik pelayanannya.

6. Layanan COD (bayar di tempat)

Toko Logam Mulia Online terpercaya, harus ada layanan COD-nya. Bisa dicoba dulu layanan COD jika belum merasa aman

7. Cek kantor

Toko Logam Mulia Online yang profesional dan bisa dipercaya, pastinya memiliki kantor.

8. Cek Owner atau Pemiliknya

Bisa Googling nama pemiliknya, atau cek akun facebook/twitter atau bahkan blognya, kenali reputasinya. Bisa ditanyakan ke common friends yang kita kenal. Misalkan untuk PlasaEmas, bisa cek googling “Adzan Wahyu Jatmiko”

 

Kejujuran pun bukan segalanya, cari toko logam mulia online yang pelayanan nya prima. Mudah saja, coba telepon/sms/bbm, apakah langsung dijawab? Apakah setiap pertanyaan kita dijawab?

Kemudian bagaimana dengan serving time, waktu pelayanan, apakah bertele-tele atau memudahkan? Bagaimana juga dengan pengiriman? Apakah on-time?

Bagaimana juga expertise nya dalam hal investasi emas? Investasi secara umum? Keuangan dan bisnis?

Dan apakah kita dilayani dengan ramah? Ada chemistry? Itu juga penting..
 

Kendala lain transaksi Logam Mulia secara online

Pertanyaan          

Bagaimana dengan kurir delivery Logam Mulia yang antar ke rumah, apakah bisa dipercaya?

Jawaban `           

: Carilah Toko Logam Mulia Online yang bisa dipercaya. Contohnya PlasaEmas.com adalah perusahaan keluarga. Kurir yang mengantar LM ke tempat kita, bukanlah karyawan, melainkan keluarga dari pemilik. Bahkan tak jarang, pemilik PlasaEmas sendiri yang mengantar LM ke customernya.

 

Pertanyaan

Bagaimana dengan buyback atau cara jual kembali nya?

Jawaban

Pada prinsipnya, Logam Mulia bisa dijual ke toko emas mana saja. Beberapa Toko Logam Mulia online seperti PlasaEmas, malah bisa menjemput Logam Mulia yang akan kita jual. Jadi kita tidak perlu repot mendatangi toko emas, dengan segala risiko keamanannya. Kita tinggal duduk manis, dan PlasaEmas akan mentransfer dana ke rekening kita.

 

Pertanyaan

Bagaimana dengan yang tinggal di luar Jakarta?

Jawaban

Toko Logam Mulia Online yang bagus, selalu siap mengirim emas nya ke luar kota. Biasanya dikirim via RPX. (www.rpxholding.com) . Mengapa via RPX? Karena setahu kami, tidak ada jasa kurir lain yang bersedia mengirim emas. Bisa saja dikirim via kurir lain, tanpa menyebutkan isinya adalah emas, namun jika terjadi kehilangan, maka kurir tersebut tidak akan bertanggungjawab. Sementara RPX menjamin dengan asuransi. Biaya kirim via RPX bervariasi antara Rp 150.000 – Rp 200.000. Tentunya sebanding dengan rasa aman kita

 

Pertanyaan

Bagaimana cara menyimpan Logam Mulia nya? saya takut menyimpannya dirumah..

Jawaban

Kita bisa menyewa deposit box di bank. Biasanya di cabang-cabang tertentu, dan dengan biaya tertentu (sekitar Rp 300.000/tahun). Kabar gembiranya, buat customer Plasaemas, bebas biaya titip di PlasaEmas. Bahkan dapat LM cetakan terbaru, sesuai tahun pengambilan. Misalkan ada customer kami yang beli dan titip sejak 2011, kemudian mau diambil sekarang, maka LM yang kami berikan adalah cetakan 2013. Sudah gratis, dapat cetakan terbaru! Asyik kan!

 

Kesimpulan

Seperti disebutkan diatas, maka cara terbaik membeli Logam Mulia adalah dengan cara online-delivery. Karena

  • Mudah dan praktis
  • Cepat
  • Hemat : hemat tenaga, waktu, pikiran
  • Aman : ingat, bagaimanapun diri kita dan keluarga jauh lebih berharga dari emas.

Tentunya dengan catatan, Toko Logam Mulia online nya harus :

  1. Terpercaya
  2. Pelayanannya oke

Yuk, investasi emas sekarang juga!

 

 

Previous Perdagangan Emas Mendekati Titik Tertinggi Sejak Mei Karena Ketegangan Suriah
Next Berita Emas Logam Mulia Hari Ini 12 Maret 2014

About author

You might also like

Kolom Adzan 3 Comments

Cara Memulai Investasi Emas Logam Mulia untuk Pemula #LM4Beginner by @adzan_

  karena hari ini bnyk bgt yang tanya2 bagaimana cara memulai investasi emas, sy coba share sedikit ya, ksh tagar #LM4beginner barusan ada bbrp yg nanya, “sy mau mulai nabung

Kolom Adzan 0 Comments

10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Indonesia memiliki tembagapura dan tambang-tambang emas lainnya,apakah hal ini menjadikan Indonesia negara penghasil emas terbesar di dunia? Emas adalah salah satu logam mulia yang terdapat di muka bumi,oleh karena itu

Kolom Adzan 0 Comments

Tips Membeli Emas Untuk Investasi

Dari sekian banyak logam mulia yang ada, emas adalah primadona yang dipilih untuk digunakan sebagai alat investasi. Emas dipilih karena dipandang orang dapat melindungi nilai harta dari pengaruh inflasi. Sebelum

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply