Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Global 1

“Konsumsi dunia terhadap emas yang diproduksi sekitar 50% digunakan sebagai perhiasan, 40% sebagai investasi, dan 10% digunakan dalam industri (karena sangat baik sebagai konduktor dan tahan terhadap korosi)”

Permintaan untuk barang konsumsi

Sekitar 50% emas baru yang diproduksi digunakan sebagai perhiasan, pasar Negara-negara berkembang seperti India mempunyai permintaan yang tinggi akan perhiasan.

Investasi

Emas dipandang oleh para investor sebagai salah satu elemen dalam portofolio investasi. Emas akan mempertahankan nilainya selama inflasi terjadi. Dalam beberapa waktu, para investor akan mengalihkan asetnya dalam bentuk emas jika terjadi ketidakpastian ekonomi. Permintaan yang tinggi terhadap emas menyebabkan harga emas akan semakin tinggi. Hal inilah yang menjadi faktor utama pemicu kenaikan harga emas pada periode 2006-2011.

 Prospek Inflasi

Emas tahan terhadap inflasi, berbeda dengan uang. Jika inflasi terjadi, maka uang akan semakin berkurang nilainya. Bahkan uang bisa kehilangan nilainya apabila terjadi inflasi yang sangat tinggi. Pada situasi inflasi tinggi, orang-orang akan cenderung mengubah uang cash mereka menjadi aset fisik untuk mempertahankan nilainya, emas pun menjadi salah satu aset yang diincar investor.

Nilai Dolar

Pada era setelah Perang Dunia, Dollar dilihat sebagai mata uang global yang dominan. Dollar memainkan peran penting dalam penjaga kekayaan dan sebagai alat pembayaran global. Banyak negara menyimpan cadangan kekayaannya dalam bentuk Dollar. Namun pada saat Dollar menjadi rentan, mereka akan menjual aset Dollar dan mencari sesuatu yang lebih aman seperti mata uang lain atau emas.

Pasokan Emas

Perubahan pasokan emas dapat mengubah harga emas. Misalkan jika ada peningkatan yang tajam dalam produksi, maka harga cenderung jatuh. Namun, pasokan emas relatif stabil. Fluktuasi harga emas cenderung terjadi akibat perubahan permintaan.


Selanjutnya>>

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Global 2

Previous Faktor yang Mempengaruhi #HargaEmas Logam Mulia di Indonesia
Next Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Global 2

About author

You might also like

Kolom Adzan 0 Comments

10 Fakta Unik Tentang Emas di Dunia

Istilah emas adalah dari bahasa Proto Indo Eropa yaitu ” ghel/ ghol ” berarti kuning, hijau,atau terang.Emas telah ditemukan di setiap benua di permukaan bumi ini.Emas meleleh pada 1064,43 °

Kolom Adzan 0 Comments

Emas bertahan di atas $ 1400, terbantu pelemahan data AS

Emas bertahan di atas $ 1.400 per ounce pada Selasa, mendekati level tertinggi dalam 11 minggu, didukung oleh data AS yang lemah. Para trader diharapkan bisa menghalangi rencana Federal Reserve

Kolom Adzan 0 Comments

Sejarah Emas dan Sejarah Logam Mulia

Banyak Negara-negara yang menjelajahi bumi untuk mencari emas dengan mengontrol Negara lainya dengan tujuan bahwa emas dapat mengontrol nasib mereka. Emas pada pada akhirnya adalah pembawa kebahagiaan, tetapi emas yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply